Sinopsis The Last Empress Episode 52 Part 3 Final

Sinopsis The Last Empress Episode 52 Part 3 Final- Episode sebelumnya di sini. selengkapnya kamu bisa cari tahu di sini.

Penjara saat musim dingin.

“Yak. 7315. Yakkkk 7315.” Ucap napi pada Mak Lampir. “Cepat tanam semuanya. Jangan berleha-leha.”

“7315. Sebenarnya apa yang kamu kerjakan? Kenapa kamu menatapku. Apa masalahmu? Berhenti menatapku.” Ucap Nona Choi.

“Kenapa? kamu tidak mau mengerjakannya?” Tanya salah satu napi.

“Tentu saja aku harus mengerjakannya.” Ucap Mak Lampir yang memang mirip Mak Lampir. “Lantas kenapa kamu tidak kunjung menyapu saljunya?”

“Harus mulai dari mana?”

“Sapu dari situ ke seluruh area ini. semuanya…”

“Semuanya….. harus kusapu.” Ucap Mak Lampir.

Mak Lampir pun nyapu. “Choi Tim Jang. Penyihir sialan itu. sabar Eun Ran. Kamu Ibu Suri Kekaisaran Korea. Kamu Ibu Suri Kekaisaran Korea. aku bisa menghadapi kesulitan ini dan menderita bagaikan seorang bos.”

Nona Choi pun datang. “Kamu tidak tahu bahwa Kekaisaran korea sudah tidak ada? kamu tidak menonton berita? Kini negara menjadi demokratis. Kita bahkan punya presiden baru. dunia telah berubah. Gunakan ini, nenek. Kerja yang becus.” Nona Choi mengganti alat kebersihan yang dibawa Mak Lampir.

Mak Lampir bicara sendirian. “Tidak. Aku ibu suri kekaisaran korea. Ibu Suri kekaisaran korea. itu istanaku. Aku kepala keluarga kekaisaran. Aku akan kembali ke singgasanaku. Tidak ada yang akan mengusikku. Tentu saja. tidak benar… sudah pasti. Itu milikku. Milikku.” Kemudian tertawa. Persis seperti Mak Lampir.

***

Istana menjadi tempat wisata. Ari bersama Yoon dan Hel Ro. Mereka piknik. Nampak seorang pemandu wisata memperkenalkan istana Ehwa.

“Menurutmu dia akan baik-baik saja?” Tanya Yoon pada Hel Ro.

“Ari ingin datang ke sini. pasti dia akan baik-baik saja. tapi aku masih tidak percaya ini. ini menjadi museum keluarga kekaisaran.”

“Benar. Aku merasa waktu benar-benar telah berlalu. Banyak hal yang terjadi pada orang-orang di sini.”

Pemandu memandu masuk.

“Ini adalah tempat Ibu Suri. Di sinilah Ibu kaisar tinggal. Lihatlah, semua ornamen mahal buaan pakar ternama …” Nampak Wajah Mak Lampir yang sedang duduk dan tersenyum kemudian menghilang,

Tempat berikutnya.

“Ini kantor di dalam kamar Kaisar. Di sinilah kaisar menjalankan bisnis dan beristirahat.” Nampak Hyuk yang meminum kopi kemudian menghilang.

Tempat berikutnya.

“Permaisuri terakhir kekaisaran korea. ini kamar Nona Oh Sunny. Seperti yang kita lihat, permaisuri….” nampak Sunny dengan pakaian permaisurinya kemudian menghilang.

***

Ketiganya keluar istana. Tali sepatu Hel Ro lepas dan Yoon memasangkannya kembali.

Kemudian  terdengar suara. “Gungju Mama.” Ari mendengarnya dan nengok. Ada sosok Jalang Seo. “Kamu bahagia sekarang? hanya itu yang kubutuhkan.” Kemudian Seo memberikan salam kemudian menghilang.

“Ari kamu sedang apa?” Tanya Yoon.

“samcun imo….” Ucap Ari yang berlari ke paman dan bibinya.

Sunny pun kemudian datang menyusul.

“Kamu bersenang-senang?” Tanya Sunny pada Ari yang langsung memeluknya.

Mereka berempat pun berjalan. Namun, Sunny menengok kebelakang. Sunny berkaca-kaca dan tersenyum.

Lalu…. foto besar Sunny dan Hyuk diperlihatkan. Dan lorong-lorong istana yang nampak kosong. Sebuah museum bisu.

Tertulis. Keluarga kekaisaran korea yang terakhir, 1897 hingga 2019.

TAMAT.

Untuk yang mau baca bukan review the last empress alias bacotan mimin. Klik di sini.

75 Replies to “Sinopsis The Last Empress Episode 52 Part 3 Final”

      1. Dia meninggal klo ga salah 🙁 asli endingnya kurg bagusss… Harusnya been jg ikt merasakan manisnya stlah prjuangn yg dia lakukan dgn sunny ahhhh :'(

    1. Iy kurang greget endingnya..na wang shik ny malah mati..kirain sunny bakal ama na wang sik or lee hyuk..eh malah ga sama dua2 nya…menyedihkan….trus balas dendam na wang sik ama si yura jg lom sepenuhny…meski yura skrg khidupanny jdi aneh…gw pikir si yura bakalan mati jg

    2. Itu karna pemeran na wang shik ga bs ikut lg di drama ini. Karna drama ini kan diperpanjang episodenya y. Makanya diceritain mati. Makanya.. Jd ga enak endingnya… Yg hrsnya penonton senang, jd kecewa… Hrsnya dipikirkan y untk pembuat2 drama…. Kyk sinetron indonesia aj, ratingnaik trs diperpanjang episodenya… Akhirnya jd ga menarik

    1. Iya terlupakan bgt na wang shik. Si sunny juga gak diceritakan bersedih kek atas kematian na wang shik. Kok di diceritakan respon org2 atas kematian na wang shik terutama oh sunny. Bnr2 terlupakan dan sad ending yg tragis

  1. Agak kecewa sih sama endingnya..knp pengawal cakep tidak diekspos lg..dia akhirnya mati mengenaskan…oh..tp y sudahlah akhirnya selesai jg..makasih mimin..udh buat sinopsisnya..see you..

  2. Terima Kasih untuk admin yang menuliskan sinopsis drama yang menguras emosi ini. Aku menunggu sinopsis” lain nya

  3. Terima kasih sudah menulis sinopsisnya, sangat menyita waktu karena penasaran dengan ceritanya, tetapi sangat menyenangkan dan dinanti.
    Walaupun kecewa dgn endingnya..tp drakor ini berhasil menguras emsosi

    1. Makasih mimin sudah nulis sinopsis ini..
      Kecewa sama NWS sih ending nya dia kurang gereget…hikss…sedih deh..

  4. Drakor kerajaan yg aneh…. geregetnya cuma di awal2 doang… abis itu keteteran ga jelas… hahahahha. kl ga terlanjur udh ngikutin dr awal.. ga bakal nonton ini. NOT RECOMENDED….

    Ntah ini ucapan thank you yang keberapa kali buat kebaikan mimin yg udah mau “berbagi” ke kita semua. Terima kasih mimin…..

  5. endingnya kenape begindang yee, gk seruu, huhuhu
    trimakasih atas sinopsisnyaa
    qt yg tinggal baca aja capek bacanya, gmn mimin y 😂

  6. Meski endingnya mengecewakan ya krn hyuk n na wang shik mati
    Tp makasih banyak ya mimin 😊😊
    Ditunggu sinopsis barunya

  7. Makasih mimin ..sinopsisnya mantap…saya sih sukanya sunny endingnya sama lee hyuk…hyuknya kan udah baik.

  8. endingnya membuat penonton kecewa huuuu…
    bagaimanapun juga Yura sudah berbuat jahat.. kok lepas gitu aja… kecewa banget liat endingnya, jadi males nonton filmnya.
    makasih buat mimin…lov u

  9. Iiih…oppa na wang shik mninggl.. g jd gereget dech.. hadeuch thu btpa kjamx drakor in g recommanded unt anakq ikutn nonton jg..mnding yg romance komedi.
    Ex whats wronf with s.kim.. da saran sinopsis kyk gt..

  10. Gk menyenangkan banget endingnya, kesian na wang shik sampai akhir pun dianya menderita… Thaks mimin semangat,

  11. Na Wang Sik memang tidak dimunculkan di akhir episode. Karena pemeran aslinya sedang promo disuatu tempat hehehehe.. yg jadi pertanyaan gue, kenapa pemandu wisata pake bilang ini kamar si ini si anu sih? Padahal di depan dia kan oh sunny hahahaha .. dan gue rasa putri Ari itu pura2 amnesia deh.. buktinya dia ingat si jalang seo dan dia panggil Imo..

  12. Masih penasaran sebenernya sama jenazah yang ada di episode pertama yang pake kalung permaisuri itu siapa yaa…

    1. itu jasadnya permaisuri seo hyun yg asli. sudah djelasin kok d episode brp gt…aku lupa. mksh mimin dh buat sinopsisnya…tetep smngdz bikin sinopsis drakor2 yg lain yak… ^_^
      memang agak mengecewakan endingnya… T_T

  13. Pertama kalinya w liat n nonton drakor ya drama ini, krna liat di tv akhirnya penasaran sampe cari di viu, plot cerita emng nguras emosi ehh makin kesini makin dipaksain jalan cerita, dan bener endingnya ancurr, banyak peran yg sehrusnya bisa digarap dengan serius tp ini kesanya dihilangkan(con wo bin) dan yang seharusnya tidak happy ending (min yu ra) malah happy ending, kecewa banget sama endingnya mana ini drakor pertama w yang w ikutin lg krna udh kebawa emosi dari awal cerita mngknya agak sedikit nyesel ngikutin sampe akhir, tp okelah namanya juga drakor hhaaa

  14. Na Wang Shik ada proyek lain, serial ini kan diperpanjang, proyek lain ga bisa ditinggalin, akhirnya dimatiin sambil meluk bom. Ciyeee… diapa2in sepanjang serial ini selalu kebal, sekali dikejar pak pyo malah langsung koit, bingung kali sutradaranya si wang shik mau dikemanain 😀

    Kecewa sama endingnya, tapi paling ga hyuk minta maaf, dan sunny juga kaya mulai sayang sma hyuk. btw, di serial ini, hyuk yang paling banyak fans nya, coba cek IG beliau 😀

  15. Saya liat di yt ada adegan lee hyuk dan sunny di teater.. yg lee hyuk jdi penggemarnya sunny trus dmarah2in sm sunny.. itu kok gak ada ya..

  16. Endingnya bikin kecewa.. Itu bodyguard kok mati.. Harusnya jadian sama permaisuri Oh Sunny..kalau gak nonton dari awal males rasanya nonton endingnya.. Tapi thanks buat mimin udah capek nulis sinopsisnya

  17. Yaampun aq kira drama nya happy ending nyata nya sad ending jdi ny kn gak seru. Aq kira hyuk selamat eh nyata nya mati😭😭😭 ,,,kan kasian cogan nya

  18. makasi mimin udah nulis sinopsisnya.aku aja yang baca sampe begadang.gimana mimin yang ngetik ya.
    saran buat mimin kalo nulis sinopsis bener2 lah nulis namanya sama katanya2 jangan dimasukin bahasa lain jd gak enak bacanya min.
    sekali lagi makasi y min

  19. Hmmmm oppa na wang sik nya ki meninggal, kirain mw jadian sama ih sunny jdi sebel liat akhir ceritanya 😔😔

  20. Menurut sy endingng bgus, cm kurang aja krna si NWS nya seperti mati biasa aja padahal dia juga pemain utama.
    Karna tak selalu kisah berakhir bahagia. Di kenytaan juga begitu… Judul nya aja “the last empress” b’arti memang dr awal kita bakal tau bahwa si oh SUNY adalah permaisuri terahir di kekaisaran korea.
    Pelemnya menang greget baget
    Apalagi yg jahat bnyak anet dan saling gigit.
    Big thnks utk si mimin penulis yg udh bikin sinopsis dengan balutan bahasa yg lucu.

  21. Yah sad ending yah, saya baru mulai ntn sampe episode 7 di tv, makin seru dan menguras emosi, tp baca ending’a begini jd males buat lanjutin ntn lg, soal’a berharap happy ending 😅😅

  22. Tengkyu bgt buat penulis udah nulis sinopsis ini. Emang buat org yg gak terlalu suka drakor, saya lebih nikmati baca sinopsis. Komen2 penulis malah jadi intermezzo yg bikin saya ngakak. Good job!!

  23. Justru bagus drakor berakhir ky gini, kesannya nggantung, jd bikin diinget trs, bosen sm drakor yg happy ending dan mudah ditebak

  24. kalaupun peran nawangsik harus mati seharusnya di akhir ending setidaknya ada sedih2nya gitu oh sunny kehilangan dia. ini mah kyk biasa aja keliatan banget penulisnya diburu2 banget suruh bikin naskahnya. banyak cerita yg dibangun di awal jd mentah di akhir.

  25. Makasih mimin sinopsisnya, saya tuh dah ntn d youtube tp bahasa subtitle nya berat bgt buat diartiin, terbukti wktu ntn di youtub mimik muka sayah biasa ajah terkesan bingung cengo nganga pas liat yg ganteng tp pas saya bc tulisan mimin malah nangis, ketawa kezel maksudnya jadi bisa bgt ngikutin drakornya, gomawo eoni

  26. Makaciihhh mimin udah bikin sinopsisnya.. awalnya ga minat nonton drakor ini karena liat pemeran kaisarnya ga unyuuu,,tp pas liat na wang shik berubah macam ksatria baja ringan,eh baja hitam.. sampe searching dan ketemu sinopsis mimin,akhirnya jd penasaran jg sama drakor ini..

    Tapiiiiii,kok aq jg KZL gara2 endingnya.. mbo yaa ada manis2nya gitu kek.. setidaknya biarkanlah hyuk selamat dan hidup bahagiaaa sama sunny.. atau sama oppa bin.. aaakkkkk pokoknya KZL akutuh 😣😣😣

  27. Ya Allah…bener2 nguras tenaga bacanya…itu baru baca lho…apalagi nonton hikz hikzz..seru banget..ampe segitunya ya ceritanya .. happy ending lah stidaknya

  28. Gue berharap paling gak si sunny balik lg ke hyuk si suneo (gilak kok bisi mirip banget ama suneo tampangnya yaa..hahahaaaa)

    sedih beuuuuttttt aku tuuuu..disaat si pe’a jd baek..kok malah koit…

    auto membleeee..eh..auto sedih gue miiinnnn….

  29. endingnya kurang greget, serunya hanya di awal.. tp mkasih ya mimin yang udah nulis sinopsis ini , ditunggu sinopsis selanjutnya…

  30. Cerita akhir’y sangat mengecewakan,tak happy ending..seharus’y NWS tak mati & bisa bersatu dg sunny..kaisar semesti’y selamat & ad kejutan d akhir crrita permaisuri Soo Yung ternyata selamat mengasingkan diri bersama anak’y & akhir’y bertemu bersatu kmbali dg kaisar.. It baru cerita seruu & memuaskan penonton’y..ne maah mengecewakan ending’y..tak d ceritakan macam mana nasib putri so jin.f.cerita yg awal smpai pertengahan menarik tp jadi tidak menarik d ending’y..tragis betul nasib NWS ..

  31. Agk sedih akhirnya, karena Hyuk ga bisa sm Permaisuri Sunny, kenapa harus mati Mister Hyuk… Hikk.. Dan mister pengawal ganteng jg.. NWS… Jadi bapeerrr… BTW makasiiiii mimin syantik sinopsis nya.. t o p, b g t ,,, 😉😉😉😉😉👌👌👌👌👌👌

  32. Andai akika jadi sunny,, mungkin akan sangat tertekan karena kehilangan orang yg pernah disayangi.. Tapi, org yg disyang i pun jga pernah menghilangkan kebahagiaan orang lain,, ketika melihat kenangan* dulu, aku mungkin nangis megap megap miiinnn😂😭 masa* berat pun jga harus dilalui, melawan peraturan absloute di masa kekaisaran Lee Hyuk dan TIMUN SURI yg skrg jadi gila setengah mati karena kekuasaan

  33. Endingnya kurang bagus. Kenapa woo bin harus mati? Bukankah dia menyukai permaisuri oh sunny. Pengen lihat sunny menerima cintanya woo bin dan hidup bahagia. Tapi apa coba, tanpa bin drama ini kurang seru. Mengecewakan!

  34. Mimin yg kece dan yang suka biking ngakak klo kasih julukan ke pemain drakornya. Sinopsis Mimin amat membantu karena kadang aku pengen tau isi cerita episode2 selanjutnya. Aku paling sebel begitu tau Na Wang Sik meninggalnya karena meluk bom huhuhu….. Semoga mimin senantiasa diberi kesehatan & panjang umur shg tetap bisa eksis nulis drakor lagi.

  35. Terimakasih mimin, saya rela smp lembur jam 2 an buat baca sinopsis ini walaupun ending nya mengecewakan… Setiap baca nama suneo pasti saya jadi ketawa geli srndiri karena emang mirip sih…😂
    Sukses ya min, di tunggu sinopsis film” lain nya.🤗👏

  36. Tenkyu..very..very buat mimin..yang udah kerja keras membuat sinopsis drakor super panjang ini.. Bikin ngakak guling2 sama julukan2nya.. Walopun kecewa endingnya aneh n sunny gak sama hyuk
    #sunhyuk couple team (^_^)v
    Tadinya sempet ga stuju mimin bilang hyuk mirip suneo soalnya spupu eke bilang hyuk kyk parto kekke.. Tapi mimin is the best.. Hyuk terbukti lebih mirip suneo *tepok jidat
    Mimin jjang..kamsaheyo

  37. Akhirnya selesai juga baca sinopsisnya…
    Thank you mimin. Thank you krn telah mengaduk-aduk perasaankyu :'(
    Ternyata nonton drakornya ga se seru baca sinopsnya mimin
    pas nonton perasaan biasa aja
    tapi pas baca sinopnya mimin wuih akhirnya eyke bisa ketawa, nangis, sebel, dah kayak gado-gado
    once again thank you bgt min ya
    moga min tambah rajin nulis
    tambah banyak pengunjung bloknya
    en makin lancar rezekinya

    amiin

  38. Makasii mimin besok pagi yang telah mengulas akhir drakor ini sampe tuntas. Bahasanya kece badai, sangat mudah dipahami dan dihayati. Salam kenal, ya.. btw, si mimin itu cewek atau cowok, ya? *Penasaran 😂

  39. saya kira oh sunny sm chun woo bin nikah dan mereka jadi kaisar sm permaisuri yg baru .ekh malah bin nya
    meninggal hyuk juga sm :(:(

  40. Endingnya kurang greget krn ga ada na wang shik. Tp sedih lihat istana jd museum yg menjadi saksi bisu semua kejadian ceilehhh wkwkwkwk makasih mimin sinopsisnya detail n seru bahasanya

  41. makasih mimin buat kerja kerasnya bikin sinopsis the last empress…😘😘
    tapi ya endingnya kok sepi ya.. hyuk meninggal begitu juga nawangshik. jadi kurang greget gimana gitu. oh ya putri sojin gimana nasibnya?? semoga buat drakor” yang lain pemain utama gak pergi di tengah jalan macam nawangshik.

  42. Endingnya emg berasa sejarah banget yaaa… Ada karma buat semuanya. Yang nggak rela aku tuh si yura yang jadi gila, kasihan banget dia. Padahal dia korban yg kemudian balas dendam. Tapi masih mending sih bisa sembuh karena ada kang jo seung juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *